Penialaian berbasis kelas adalah proses pengumpulan dan penggunaan informasi dan hasil belajar peserta didik untuk tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, yaitu standar kompetensi, kommpetensi dasar, dan indikator pencapain belajar.
Jenis-Jenis Penilaian Berbasis Kelas
1.Penilaian Formatif
Penilaian yang menyediakan informasi kepada siswa dan guru untuk digunakan dalam memperbaiki kegiatan belajar dan mengajar. Penilaian ini dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.
2.Penilaian Sumatif
Penilaian yang orientasinya adalah pengumpulan informasi tentang pembelajaran pada rentang waktu tertentu atau pada akhir suatu unit pembelajaran. Penilaian ini digunakan untuk mengukur kompetensi yang telah dipelajari sebagai bahan dalam penentuan kelulusan tingkat keahlian tertentu setelah mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran.
3.Penialaian Diagnostik
Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan siswa serta faktor penyebabnya. Penilaian ini biasanya bertujuan untuk keperluan bimbingan belajar dan pengajaran remedial.
4.Penilaian Selektif
Penilaian yang dilakukan untuk tujuan menyeleksi atau menyaring. Misalnya memilih siswa untuk mewakili sekolah dalam lomba-lomba tertentu atau pun penerimaan mahasiswa baru di suatu universitas.
5.Penialain Penempatan
Penilaian yang bertujuan untuk mengetahui keterampilan prasyarat yang diperlukan bagi suatu program belajar seperti yang diprogramkan sebelum memulai kegiatan belajar untuk program itu.
Teknik Penilaian Berbasis Kelas
1.Unjuk Kerja (Performance), pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi).
2.Penugasan (Project), penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu.
3.Hasil kerja (Product), penialaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni.
4.Tertulis (Paper & Pencil), memilih dan menyuplai jawaban. Memilih jawaban mencakup pilihan ganda dan dua pilihan (B-S; ya – tidak). Menyuplai jawaban termasuk di dalamnya jenis tes isian atau melengkapi, jawaban singkat dan uraian.
5. Portofolio (Portofolio), penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis.
6. Penilaian Sikap, penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap objek sikap.
7. Penilaian Diri (Self Assessment), teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam berbagai hal.
0 Komentar